H J E X

Syarat dan Ketentuan PT.Harapan Jaya Prima

PT. Harapan Jaya Prima yang merupakan perusaan jasa layanan pengiriman barang yang mengedepankan pelayanan cepat, tepat sasaran, terjangkau dan aman. Maka dari itu Syarat dan Ketentuan Harapan Jaya Prima sebagaimana telah diatur dibawah ini berlaku, disepakati, dan dianggap telah diterima dan disetujui oleh Anda selaku pengirim barang pada saat Anda menggunakan jasa HJeX untuk proses pengantaran Barang/Paket Anda.

Pendahuluan

HJeX adalah perseroan yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia

- HJeX adalah perusahaan ekspedisi pengantaran dan pengiriman barang dengan izin penyelenggaraan Pos dan berbasis aplikasi yang telah terdaftar dan mendapatkan izin dari Kementrian Informasi dan informatika Republik Indonesia Nomor : 266 Tahun 2006

Isi

- Paket adalah barang,surat,dokumen dan beberapa jenis barang yang dapat dijemput dan/atau dikirimkan oleh Si Kilat sesuai dengan S&K ini dan peraturan perundang-ungangan yang berlaku.

- Si Kilat adalah kurir atau mitra HJeX yang bertugas melakukan proses penjemputan dan/atau pengiriman paket.

- Mitra pengemudi adalah mitra HJeX yang bertugas melakukan proses penjemputan dan/atau pengiriman paket.

- Akun HJeX adalah media atau platform pencatatan transaksi penggunaan jasa penjemputan atau pengiriman paket milik HJeX

- Pemilik Akun adalah Pengguna aplikasi yang terdaftar pada sistem aplikasi HJeX

- Pengirim adalah pihak yang tercatat dalam aplikasi HJeX sebagai pihak yang mengirimkan Paket

- Ongkos kirim (Ongkir) adalah biaya yang dibayarkan oleh pengirim atas penjemputan dan/atau pengiriman paket yang dikirimkan oleh Harapan Jaya Prima

Ketentuan atas paket

1. Tidak ada batasan dalam jumlah paket dan berat paket. Perhitungan harga paket dihitung setiap 1 hingga 100 kg.

2. Batasan dimensi paket maksimal adalah 125cm X 80cm X 60cm per koli

3. Pengirim wajib mengemas barang dengan baik, layak dan dalam keadaan tertutup untuk melindungi barang selama proses pengiriman. HJeX tidak bertanggung jawab atas kerusakan pada barang yang disebabkan oleh pengemasan yang salah atau tidak memadai. Barang rusak, pecah atau bocor resiko pengirim

4. Pengirim wajib memberitahukan dengan jelas dan benar isi dan nilai barang kiriman. Keterangan yang tidak benar menegani hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim.

5. Dalam pelaksanaan pengiriman HJeX tidak menjamin bahwa seluruh proses berlangsung lancar dan layak yang disebabkan oleh peristiwa yang mungkin timbul diluar kemampuan HJeX diwilayah yang dilalui transportasi HJeX.

6. Untuk pelanggan retail (non company/non perusahaan) dapat melakukan pembayaran secara tunai ketika paket diserahkan pada agen atau pembayaran via e-money (shopeepay, gopay, transfer,dll) untuk pelanggan yang melakukan order lewat aplikasi/web HJeX.
Untuk pelanggan Company (Perusahaan) dapat melakukan pembayaran sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Khusus.

7. Pengirim bertanggung jawab untuk melindungi kiriman dengan asuransi yang memadai dan menanggung biaya premi yang berlaku.

8. Batas waktu Mitra Pengemudi dan/atau Si Kilat dalam melakukan penjemputan maupun pengiriman paket adalah selama pukul 06:00-21:00 WIB

9. Transaksi yang sudah melakukan pembayaran tidak dapat di cancel

10. Pengirim tidak diperbolehkan untuk mengirim jenis-jenis barang yang terdapat dalam barang yang dilarang dan/atau dilindungi oleh pemeritah.

Barang Dilarang

Berikut beberapa barang yang dilarang dalam pengiriman menggunakan HJeX :

· Uang, Perangko, Cukai atas minuman keras, Materai, BG (Bilyet Giro),Cek

· Narkotika, ganja, morfin, dan produk lainnya yang menyebabkan kecaduan

· Perhiasan (misalnya : batu mulia, batu permata, berlian industri, dsb), Barang Merk dan Barang Berharga lainnya.

· Barang antik/ barang seni bernilai tinggi

· Jenazah atau bagian-bagiannya

  • Rokok tanpa cukai

· Dokumen Asli bukti kepemilikan hak atas tanah antara lain namun tidak terbatas pada sertifikat termasuk Akta Jual-beli tanah asli

· Ijazah, piagam/sertifikat penghargaan,raport asli

· Sertifikat Bank Deposit Obligasi Barang-barang lainnya yang didefinisikan oleh kami sebagai dokumen berharga

· Pornografi dalam bentuk apapun

· Hewan jenis berbahaya dan/atau yang dilindungi pemerintah

· Bahan makanan yang mudah meleleh (misal : es krim)

· Barang mudah meledak (misal : elpiji, oksigen,dll), bahan peledak, senjata api, persejataan, dan bagian-bagiannya

· Barang, buah atau cairan berbau menyengat untuk rute tertentu

· Barang-barang yang dikendalikan pemerintah

· Barang hasil tindak kejahatan (misal : barang curian)

· Barang lainnya yang dilarang oleh hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Jenis pengiriman

Jenis pengiriman HJeX dibagi atas 4 :

1. A-A Agent to Agent (Pengirim mengirim paket ke agen dan penerima mengambil paket diagen tujuan)

2. A-D Agent to Door (Pengirim mengirim paket ke agen dan Si Kilat mengantarkan paket ke alamat penerima)

3. D-A Door to Agent (Si Kilat menjemput paket ke alamat pengirim dan penerima mengambil paket di agen tujuan)

4. D-D Door to Door ( Si Kilat menjemput paket ke alamat pengirim dan Si Kilat mengantarkan paket ke alamat penerima)

NB : * Pengiriman dari aplikasi retail/web hanya dapat memilih DA dan DD

*Pengiriman dengan tipe DA/DD (diambil kurir), apabila berat/volume/jenis barang tidak
sesuai maka akan dikenakan biaya tambahan sesuai ketentuan perusahaan

Kategori Barang

· Kategori barang yang menggunakan jenis pengiriman AAantara lain : Barang ringan, Telur,Dokumen asli, Sepeda, Sepeda Motor, Ikan, dan Hewan hidup

· Kategori barang yang dapat menggunakan semua jenis pengiriman (AA,AD,DA,DD) antara lain : Barang Umum, Elektronik, Frozen, dan Dokumen Arsip/Foto Copy.

Biaya Pengiriman

HJeX telah menetapkan Ongkos kirim atas layanan sesuai dengan yang tertera pada platform HJeX.

Jam dan waktu operasional agen :

- Seluruh agen HJeX beroperasional setiap hari tanpa libur (termasuk akhir pekan dan hari libur nasional) mulai jam 08.00-17.00/20.00 WIB

- Pengambilan paket bisa pada jam operasional agen atau di beberapa titik pool/agen buka 24 jam

- Maximal pengambilan paket di agen (tipe pengiriman AA/DA) 2 hari dari tanggal kedatangan paket di agen, pengambilan diterminal wajib langsung diambil pada hari H kedatangan pada jam kerja selebihnya resiko pengirim.

Jaminan kepemilikan barang

- Pengirim ataupun penerima menjamin bahwa paket yang diserahkan dan/atau dikirimkan melalui layanan HJeX mempunyai ketahanan yang baik atas isi/sifat dari paket maupun dari kemasan paket tersebut.

- Pengirim ataupun penerima menjamin bahwa paket yang diserahkan dan/atau dikirimkan melalui layanan HJeX sesuai dengan ketentuan standard pengiriman HJeX dan perudang-undangan yang berlaku

- Pengirim membebaskan HJeX dari segala bentuk tuntutan pihak manapun atas pelanggaran jaminan kepemilikan paket yang dikirimkan melalui layanan HJeX

Jaminan Kepemilikan Akun HJeX

- Pemilik Akun menjamin bahwa dalam hal penggunaan akun adalah benar dan tidak melanggar norma serta hukum perundang-undangan yang berlaku

- Pemilik Akun menjamin serta membebaskan HJeX dari segala tuntutan atas penyalahgunaan Akun HJeX

- HJeX berhak melakukan tindakan yang dianggap perlu secara langsung (menonaktifkan akun) tanpa persetujuan dari Pemilik Akun dalam hal terdapat penyalahgunaan Akun HJeX termasuk orderan fiktif.

Hak Cipta

Seluruh desain, logo, merek,foto dan gambar yang berkaitan dengan Layanan HJeX baik secara digital maupun dicetak tidak dapat digunakan dan diakui oleh pihak manapun dan untuk kepentingan apapun, kecuali ada persetujuan tertulis dari HJeX sebagai penyedia layanan.

Ganti Rugi

- Biaya ganti rugi maksimal 2x biaya pengiriman paket.

- Khusus barang elektronik dan dokumen asli bisa memilih asuransi. Biaya ganti rugi menyesuaikan ketentuan perusahaan. Untuk dokumen asli yang menggunakan asuransi nilai penggatian sesuai dengan nilai pengurusannya, minimal Rp.250.000,maksimal Rp.5.000.000 tergantung jenis dokumen aslinya. ( Yang termasuk dokumen asli : BPKB asli, KTP asli, STNK asli, Paspor asli, KK asli, SKCK asli, Akte kelahiran asli, SIM asli, dan Buku KIR asli)
Untuk barang elektronik yang menggunakan asuransi apabila terdapat klaim, maka nilai penggantiannya sebesar nilai kerugian namun tidak melebihi nilai tertanggungannya.

- HJeX bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang dialami oleh pengirim maupun penerima akibat kerusakan dan/atau kehilangan terhadap paket apabila :

1. Kerusakan, kehilangan dan/atau terdapatnya cacat pada barang benar disebabkan karena kesalahan nyata atau kelalaian kru,agen dan/atau Si Kilat.

2. Barang yang diserahkan oleh pengirim ke HJeX untuk dikirim telah dilengkapi dengan kemasan yang baik dan layak untuk mencegah rusaknya paket disebabkan karena gerakan wajar kendaraan yang dikendarai mitra pengemudi atau Si Kilat selama pengantaran

3. Bukan cacat tersembunyi pada barang

- Pengirim wajib mengajukan permohonan klaim maksimal 1 hari kalender setelah paket diterima oleh penerima. Pengajuan klaim dapat diajukan melalui DM Instagram (@hjex_id) atau Whatsapp HJeX 0812 5962 7772

- HJeX tidak bertanggung jawab atas kerugian apapun yang disebabkan oleh hal-hal yang diluar kemampuan pengawasan HJeX akibat bencana alam (Force Majure)

- Apabila tidak ada keluhan dari penerima pada saat paket diserahkan maka paket kiriman dianggap telah diterina dengan baik dan benar

Penolakan

Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, kami mengecualikan semua representasi, jaminan, dan ketentuan yang berkaitan dengan situs web kami dan penggunaan situs web ini. Tidak ada dalam penolakan ini yang akan:

· membatasi atau mengecualikan tanggung jawab kami atau Anda atas kematian atau cedera pribadi;

· membatasi atau mengecualikan tanggung jawab kami atau Anda untuk penipuan atau penggambaran yang salah;

· membatasi salah satu dari kewajiban kami atau Anda dengan cara apa pun yang tidak diizinkan berdasarkan hukum

· mengecualikan salah satu dari kewajiban kami atau Anda yang mungkin tidak timbul dalam kontrak, dalam gugatan hukum dan untuk pelanggaran kewajiban hukum.

Selama situs web dan informasi serta layanan di situs web disediakan secara gratis, kami tidak akan bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan apa pun.

Keluhan atau Pertanyaan

Apabila para pengirim memiliki pertanyaan atau keluhan terhadap pengiriman paket melalui HJeX, Pengirim dapat melihat FAQ atauDM Instagram HJeX(@hjex_id), atau melalui Whatsapp CS HJeX 0812 5962 7772

Ketentuan Lain-Lain

- Selain perjanjian atau syarat dan ketentuan yang tertulis pada resi ini HJeX tidak dapat dituntut dan dibebani dengan perjanjian atau dasar hukum lainnya kecuali dengan perjanjian tertulis yang disetujui oleh penanggungjawab HJeX.

- Saat menyerahkan paket kepada HJeX pengirim dianggap telah membaca dan menyetujui semua syarat dan ketentuan pengiriman yang tertera pada resi ini tanpa adanya paksaan dari pihak manapun, serta membebaskan HJeX dari segala tuntutan atau bentuk ganti rugi.

- Apabila salah satu ketentuan dalam S&K ini menjadi tidak sah atau tidak dapat diberlakukan secara sah maka ketentuan-ketentuan lainnya tidak akan terpengaruh

- HJeX dapat mengubah dan merevisi S&K sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan bisnis yang diperlukan selama penyediaan layanan HJeX

- PT.Harapan Jaya Prima berhak untuk memantau semua komentar dan menghapus komentar yang dapat dianggap tidak pantas, menyinggung, berbau sara atau menyebabkan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini.